Consultations

category: PPh - Pasal 4(2)

PPh Final atas Jasa Konsultan

Tanya:
Saya ingin bertanya mengenai penerapan Jasa Konsultan, Jasa Profesi dan Jasa Penilai sehubungan dengan dikeluarkannya Keputusan Direktur Jenderal Pajak yang baru.

Begini ceritanya, saya mempunyai transaksi pembayaran ke Perusahaan Konsultan yang berbentuk PT. Perusahaan konsultan tersebut kami sewa untuk melakukan penilaian atas aset dan menentukan harga saham yang seharusnya berdasarkan penilaian tersebut. Yang menjadi pertanyaan saya, atas transaksi tersebut apakah saya harus potong PPh Final atas Jasa Konsultan, atau PPh 23 atas Jasa Profesi sebesar 7,5 % atau PPh 23 atas Jasa Penilai. Sebagai pertimbangan, menurut pendapat saya konsultan merupakan suatu profesi.
Terima kasih atas perhatiannya.
Dari: Bisono (tanah_100@telkom.net)

Jawab:
Seperti yang Anda kemukakan memang sulit membedakan antara Jasa Konsultan dan Jasa Profesi dalam KEP 176/PJ./2000 karena pada dasarnya konsultan merupakan suatu profesi juga. Dari konfirmasi secara lisan ke pihak Direktorat Jenderal Pajak (DJP), ditambahkannya Jasa Profesi sebagai obyek pemotongan pajak PPh Pasal 23, dilatarbelakangi karena pihak pajak saat ini melihat munculnya jenis jasa-jasa baru yang belum dijaring dengan ketentuan pajak yang ada. Misalnya: jasa kurator, jasa wali amanat, dan jasa lainnya yang memerlukan keahlian khusus (spesifik). Untuk itu, dalam waktu dekat, pihak DJP akan menerbitkan jenis jasa profesi yang dimaksud dalam keputusan tersebut.

Selanjutnya, Jasa Penilai yang dimaksud dalam KEP-176/PJ./2000 adalah jasa yang diberikan oleh perusahaan penilai (appraisal company) dalam melakukan penilaian aktiva tetap perusahaan. Pada umumnya, perusahaan penilai harus memiliki ijin khusus sebagai perusahaan penilai untuk dapat menjalankan usahanya.

Penilaian aset suatu perusahaan berguna untuk mengetahui nilai saham perusahaan (share valuation) yang dilakukan oleh perusahaan konsultan. Biasanya perusahaan tersebut berbentuk PT. Nah, imbalan jasa yang dibayarkan atas jasa penilaian aset ini terhutang PPh Final atas Jasa Konsultan sebesar 4% dari imbalan bruto tidak termasuk PPN.

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di Prijohandojo, Boentoro & Co. di telepon (021) 835-6363.