Consultations

category: PPh - Pasal 21

Management Fee Merupakan Obyek PPh Pasal 21

Tanya:
Apakah yang dimaksud dengan Management Fee? Apakah harus dipotong PPh dan berapa persen? Yang saya ketahui Management Fee di perusahan kami dibayarkan kepada para direksi (3 orang).
Dari: Vivi (eii@cbn.net.id)

Jawab:
Management Fee adalah penghasilan berupa imbalan sehubungan dengan jasa manajemen yang diterima oleh seseorang atau badan dari pihak yang menerima jasa tersebut.

Menurut ketentuan Pasal 3 Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-176/Pj./2000 tanggal 26 Juni 2000, Jasa Manajemen (Management Fee) adalah obyek PPh Pasal 23 dengan tarif:

= 15% X 40% dari jumlah bruto tidak termasuk PPN
= 6% X jumlah bruto tidak termasuk PPN

Management Fee yang dibayarkan oleh perusahaan Anda kepada para direksi (3 orang) sesungguhnya merupakan obyek PPh Pasal 21. Yakni pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama apa pun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, sesuai dengan Pasal 1 huruf a Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-281/Pj./1998 tanggal 30 Desember 1998 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemotongan, Penyetoran dan Pelaporan PPh, Pasal 21 dan Pasal 26 sehubungan dengan pekerjaan, jasa dan kegiatan orang pribadi.