Consultations

category: PPN - Lain-lain

Jenis Barang Bebas PPN

Tanya:
Apakah semua pembelian barang, baik oleh pribadi maupun oleh badan, wajib terkena PPN? Apakah ada pembelian yang bebas PPN?

Wiriady (wiriady@plasa.com)


Jawab:
Berdasarkan ketentuan Pasal 4 UU PPN [sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU No. 18/2000] setiap penyerahan Barang Kena Pajak [BKP] di dalam daerah pabean yang dilakukan oleh Pengusaha Kena Pajak [tidak termasuk Pengusaha Kecil - yang omzet penjualan BKP-nya dalam setahun tidak lebih dari Rp 360.000.000 cfm. Kep. Men. Keu. No. 552/KMK.04/2000], dikenakan PPN.

Dengan demikian pada dasarnya semua pembelian BKP [dari Pengusaha Kena Pajak baik oleh Pribadi atau Badan] akan terkena PPN, kecuali sipenjualnya adalah Pengusaha Kecil yang tidak memilih sebagai Pengusaha Kena Pajak.

Disamping itu, berdasarkan ketentuan Pasal 4A UU PPN dan Peraturan Pemerintah No. 144/2000, ada empat (4) kelompok barang yang tidak dikenakan PPN, yakni:
a. Barang hasil pertambangan atau hasil pengeboran yang diambil langsung dari sumbernya [antara lain: minyak mentah, gas bumi, pasir/kerikil bijih besi, bijih timah dll.];
b. Barang-barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak [antara lain: beras, gabah, jagung, sagu, dll.];
c. Makanan dan minuman yang disajikan di Hotel, Restoran, Rumah Makan, Warung dan sejenisnya; dan
d. Uang, emas batangan dan surat-surat berharga.

Demikian jawaban kami.