Consultations

category: PPN - Faktur Pajak

Pengertian dan Kegunaan Faktur Pajak

Tanya:
Saya ingin mengetahui tetang pengertian faktur pajak? Apa gunanya dan apa akibatnya jika terjadi kesalahan dalam pengisian faktur pajak?

Indri (marchduck@hotmail.com)


Jawab:
Pengertian Faktur Pajak (FP) menurut ketentuan Pasal 1 angka 23 UU PPN, adalah merupakan bukti pungutan pajak (PPN) yang dibuat oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang melakukan penyerahan BKP atau JKP, atau bukti pungutan pajak (PPN) karena impor BKP yang digunakan oleh Ditjen. Bea dan Cukai.

Kegunaannya, sebagai bukti baik bagi PKP/penjual maupun bagi pembeli bahwa kedua belah pihak telah melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan PPN sebagaimana mestinya, terutama pada pelaporan SPT Masa PPN dan pada waktu ada pemeriksaan oleh petugas pajak.

Kalau terjadi kesalahan dalam pengisian FP dan tidak dilakukan pembetulan (dengan pembatalan dan penggantian FP yang salah) maka akan menyulitkan kedua belah pihak (penjual dan pembeli) kalau ada pemeriksaan pajak dikemudian hari. Bagi penjual akan terkena sanksi cfm Pasal 14 ayat (4) UU KUP berupa denda sebesar 2% dari Dasar Pengenaan Pajak dan bagi pembeli yang berstatus PKP FP yang salah tersebut dapat dikategorikan sebagai FP cacat yang tidak boleh direditkan dalam SPT Masa PPN-nya.

Demikian penjelasan kami.