Consultations

category: Umum

Pembelian Barang Diatas Rp 1 Juta Dikenakan PPh 22 dan PPN?

Tanya:
Apakan pembelian satu barang yang harganya diatas Rp 1 juta dikenakan PPh 22 dan PPN?

Terima kasih.

Suhada Soewardi (suhada@pln-jasdik.co.id)


Jawab:
Sepengetahuan kami tidak ada peraturan perpajakan yang menyatakan bahwa kalau kita membeli barang dengan harga diatas Rp 1 juta dikenakan PPh Pasal 22, jadi sebagai pembeli kita berhak menolak kalau ada penjual yang akan memungut PPh Pasal 22 pada waktu kita membeli barang tersebut; kecuali kalau kita membeli:

a. Dari badan usaha yang bergerak dibidang industri semen/rokok/kertas/baja/otomotif (yang telah ditunjuk oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak sebagai pemungut PPh Pasal 22 atas penjualan hasil produksinya di dalam negeri).
b. Dari Pertamina (dan badan usaha selain Pertamina yang bergerak dibidang BBM jenis premix dan gas) atas penjualan hasil produksinya.
c. Dari BULOG atas penyerahan gula pasir dan tepung terigu

Badan-badan tersebut diatas (a, b dan c) adalah pemungut PPh Pasal 22 sebagaimana dimaksud dalam Kep.Menkeu No. 450/KMK.04/1997 yang telah diubah dengan KMK No. 549/KMK.04/1997.
Mengenai pengenaan PPN, sepanjang kita membeli Barang Kena Pajak (BKP) dari Pengusaha Kena Pajak (PKP) - tanpa ada batasan nilainya dibawah/diatas Rp 1 juta maka kita sebagai pembeli akan dipungut PPN. Tetapi kalau kita membelinya dari penjual yang tidak berstatus sebagai PKP maka kita tidak boleh dikenakan PPN oleh penjualnya.

Demikian penjelasan kami.