Consultations

category: PPN - Lain-lain

PPN untuk SPBE (Jan 6, 2004)

Name : ery
Email : dunia_gober@yahoo.com
Company : swasta
Address : Jogjakarta

Message :
Nama saya Ery, bekerja disebuah SPBE. ada beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan,semoga Bapak tidak keberatan untuk menjawabnya.
1. Untuk gas ada tiga jenis pajak,
- PPN 10%
- PPN atas margin agen
- SSP/ Psl. 22
Dan yang dibayar oleh dealer adalah PPN 10% dan PPN atas margin agen, sedangkan pada saat penebusan ke pertamina perusahaan membayar ketiga jenis pajak tersebut. Yang saya tanyakan mana yang merupakan pajak masukan dan pajak keluaran? Dan bagaimana perlakuan akuntansinya?
2. Untuk PPH Ps. 21, batasan yang ditanggung pemerintah dan yang tidak.
Atas kesediaan Bapak menjawab pertanyaan ini, saya ucapkan terima kasih

Jawaban
1.Kami tidak memahami apa yang dimaksud dengan PPN atas margin agen, karena sepanjang pengetahuan kami PPN terutang hanya atas penyerahan Barang Kena Pajak dan atau Jasa Kena Pajak, bukan atas suatu margin. Harap Saudara berikan penjelasan lebih lanjut mengenai PPN atas Margin Agen tersebut sehingga kami dapat menjawab permasalahan yang Saudara hadapi
2.Batasan PPh 21 yang ditanggung oleh pemerintah berdasarkan PP 47 tahun 2003 tentang “Pajak Penghasilan Yang Ditanggung Oleh Pemerintah atas Penghasilan Pekerja dari Pekerjaan”, dimana pekerja yang memperoleh penghasilan sampai dengan Rp. 2 Juta perbulan, PPh 21 yang terutang atas penghasilannya yang sebesar Rp. 1 Juta perbulan akan ditanggung oleh Pemerintah dan ketentuannya ini diberlakukan surut mulai tanggal 1 Juli 2003. PPh yang harus dipotong dan disetor oleh Pemberi Kerja adalah PPh Pasal 21 yang terutang seluruhnya dikurangi dengan PPh yang Ditanggung oleh Pemerintah. Contoh perhitungan selengkapnya dapat saudara lihat di lampiran Kep.Menkeu Nomor 486/KMK.03/2003. (http://www.pb-co.com/regulation/content/486kmk032003.pdf )

Demikian penjelasan kami, harap maklum