Consultations

category: Umum

Pengajuan permohonan pencabutan NPWP (Agustus 30, 2004).

Yth.Bp.A.Prijohandojo:

Saya ingin bertanya bagaimana caranya utk mengajukan permohonan pencabutan NPWP Orang Pribadi ? Sebenarnya untuk apa sih NPWP pribadi itu apa saja yang menjadi dasar bahwa seseorang itu harus memiliki NPWP Pribadi? Bagaimana pemajakannya? Terima kasih banyak sebelumnya.

Dari: Mark

Jawaban

1.Pengajuan permohonan pencabutan NPWP dilakukan dengan cara mengisi formulir yang telah ditentukan untuk disampaikan ke KPP dimana Wajib Pajak terdaftar berdasarkan Berdasarkan Pasal 13 Kep.Dirjen Pajak No.KEP-161/PJ./2001 tentang “Jangka Waktu Pendaftaran Dan Pelaporan Kegiatan Usaha, Tata Cara Pendaftaran Dan Penghapusan NPWP, Serta Pengukuhan Dan Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak”.

2.NPWP adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak (WP) sebagai sarana yang merupakan tanda pengenal atau identitas bagi setiap Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan. Dengan memiliki NPWP, WP akan memperoleh beberapa manfaat langsung lainnya seperti: sebagai pembayaran pajak dimuka (angsuran/kredit pajak) atas Fiskal Luar Negeri yang dibayar sewaktu WP bertolak ke Luar Negeri, memenuhi salah satu persyaratan ketika melakukan pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan salah satu syarat pembuatan Rekening Koran di bank-bank.

3.Berdasarkan Pasal 2 ayat (1) UU KUP sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU No. 16 Tahun 2000, yang diwajibkan untuk memiliki NPWP yaitu setiap Wajib Pajak terutama yang penghasilannya telah melebihi batasan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) berdasarkan Pasal 7 ayat (1) huruf a UU PPh sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU No. 17 Tahun 2000, yaitu sebesar Rp 2.880.0002.880.000,00 setahun atau sebesar Rp 240.000 sebulan.

4.Cara pemajakannya dengan melalui pengisian SPT Tahunan PPh pada setiap akhir tahun pajak untuk menghitung besarnya PPh terutang dan melunasi PPh terutang serta melaporkannnya ke KPP dimana Saudara berdomisili.
Untuk cara pengisian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi dapat Saudara pelajari dalam Kep.Dirjen Pajak No. KEP-185/PJ./2003 Tentang “Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Badan, Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi, Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Pasal 21, beserta Petunjuk Pengisiannya”.
Demikian penjelasan kami

You'll need Skype CreditFree via Skype