Consultations

category: PPh - Lain-lain

Pajak Penghasilan atas Bisnis Kost-Kost an (March 27, 2006)

Pertanyaan

Message : DH,
Kalau saya mengelola kos-kosan, apakah saya harus membayar pajak? Mohon pencerahan besarnya pajak yang harus saya bayar dan cara perhitungannya, Pak Prijohandojo.
Terima kasih banyak.

Thank you,
Yulinda

Jawaban.

Sdr. Yulinda, pada dasarnya sesuai ketentuan Pasal 4 ayat (1) UU Pajak Penghasilan (UU PPh), atas semua penghasilan yaitu setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima oleh Wajib Pajak, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar Indonesia, yang dapat dipakai untuk konsumsi atau untuk menambah kekayaan Wajib Pajak, dengan nama dan dalam bentuk apapun, adalah merupakan obyek Pajak Penghasilan.
Dengan demikian kalau Sdr mengelola kos-kosan maka atas penghasilan dari usaha tersebut (kalau pendapatan lebih besar dari biaya yang dikeluarkan) akan terutang PPh.
Agar Sdr dapat melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan Sdr maka Sdr harus terdaftar sebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang wilayahnya membawahi tempat tinggal/tempat usaha Sdr.
Untuk itu sebaiknya Sdr segera menghubungi KPP setempat untuk :
- mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
- mendapat penjelasan yang lebih rinci menyangkut hak dan kewajiban perpajakan Sdr (termasuk cara menghitung besarnya pajak terutang yang harus sdr lunasi.

Demikian penjelasan kami.