Consultations

category: Umum

Pertanyaan tentang NPWP kantor cabang

From:

Name: Susan

Company: PT.Bintang Permata Khatulistiwa

 

Pertanyaan :

Selamat Sore, Saya ingin bertanya ttg NPWP Cabang. Perusahan kami berdiri pada tahun 2007 berdomisili di Pontianak dan terdaftar di KPP kalbar. Dan dari thn 2007 sd sekarang belum beroperasi secara komersial. Pada tahun 2011 kegiatan pembebasan lahan dimulai di beberapa desa di daerah kalimantan barat. Belum lama ini kami menerima surat himbauan utk membuat NPWP cabang dr KPP Sintang dengan alasan bahwa lokasi perusahaan berada dlm lingkup kerjanya. Padahal perusahaan belum beroperasi secara komersial. Jadi apa yg sebaiknya kami lakukan? dan apa efek pelaporan pajak kedepannya? thank you Regards, Susan

 

Jawaban :

Dear Susan, terima kasih atas pertanyaannya. Berdasarkan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang KUP diatur bahwa Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) wajib diberikan kepada Wajib Pajak yang telah memenuhi persyaratan Subjektif dan Persyaratan Objektif sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Jika perusahaan saudara menyatakan belum beroperasi secara komersial sejak 2007 maka perusahaan harus dapat membuktikannya. Karena jika terbukti tidak memenuhi persyaratan objektif sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku, maka tidak wajib memiliki NPWP cabang.

 

Perusahaan harus dapat meyakinkan dan menunjukkan kepada KPP Sintang, diantaranya  bahwa di lahan yang dikuasai oleh perusahaan tersebut :

  1. tidak ada kegiatan usaha
  2. tidak ada kantor cabang (kantor yg bertindak sebagai cabang Perusahaan)
  3. tidak menerima penghasilan
  4. tidak melakukan pemotongan PPh atau pemungutan PPN (Artinya semua beban biaya atas kepemilikan lahan tersebut dibayar dari kantor pusat)
  5. kewajiban pajaknya hanyalah pembayaran PBB/pajak daerah.

 

Namun demikian, jika perusahaan berkeinginan untuk memiliki NPWP Cabang, maka dampaknya adalah perusahaan akan memiliki segala hak dan kewajiban perpajakan sebagai pemegang NPWP. Kewajiban sebagai pemilik NPWP adalah wajib menyampaikan SPT Tahunan PPh Badan setiap tahun (walaupun PPhnya nihil).                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 

Demikian, semoga bermanfaat.