Consultations

category: Pembukuan dan Pemeriksaan

Uang muka pajak psl 22, 23, dan 25 atas efek perhitungan Pajak badan

Pertanyaan
Consultation About Pembukuan dan Pemeriksaan
Name: Bandana
Company: KAP PAUL Hadiwinata
Line of Business: Aditor
Address: Jl. Kebun Sirih Timur No.1


Question:


Pak ada yang ingin saya tanyakan mengenai uang muka pajak psl 22, 23, dan 25 atas efek perhitungan Pajak badan jadi lebih bayar karena rugi. Uang muka pajak psl 22, 23 dan 25 yang terakumulasi terus sebagai efek lebih bayar pajak badan karena rugi secara fiskal yang tidak tidak pernah diajukan restitusi atau belum pernah diperiksa oleh kantor pajak, bisakah uang muka pajak tersebut dibiayakan atau tidak diakui sehingga saldo uang muka pajak tersbut menjadi nol dan dasar uu pajaknya apa seandinya bisa atau tidak bisa dibiayakan atau dihapuskan. Seandaianya itu bisa dibiayakan apakah juga harus dikoreksi fiskal, terimakasih Bandana


Jawaban


Terima kasih atas pertanyaannya,

Berdasarkan pasal 6 ayat (1) angka 9 UU PPh, Pajak Penghasilan tidak bisa di biayakan.
Dengan demikian, Pemotongan/pemungutan  PPh Ps 22,23, dan PPh Ps 25 yang telah dibayar, merupakan kredit pajak dan tidak bisa di biayakan / tidak bisa dihilangkan (di-nol-kan).

Maka sebaiknya kelebihan pembayaran tsb diungkapkan dan dijadikan kredit pajak; bila hasil akhirnya pada SPT ternyata lebih bayar, laporkan kelebihan pembayaran tersebut  dan sekaligus ajukan permohonan restitusi  PPh, sesuai Pasal 17 UU KUP. DJP otomatis akan melakukan pemeriksaan.
Bila SPT Tahunan telah terlanjur disampaikan, dapat dilakukan pembetulan SPT sesuai dengan Pasal 8 ayat (1) dan (2) KUP..

Apabila dalam tahun berjalan, anda sudah dapat memperhitungkan bahwa PPh yang telah dibayar/dipotong akan lebih besar dari pada PPh yang terutang pada akhir tahun, maka anda dapat mengajukan permohonan pembebasan dari pemotongan dan/atau pemungutan PPh kepada Dirjen Pajak, berdasarkan Pasal 21 PP 94 Tahun 2010  http://www.pbtaxand.com/uploads/regulations/PP_Nomor_94_Tahun_2010.pdf , dan PER-1/PJ./2011 http://www.pbtaxand.com/uploads/regulations/PER_1_PJ_2011.pdf dengan melampirkan Projected Income Statement tahun ybs.
 
Demikian jawaban kami. Semoga berguna